Wabah DBD Menghantui Sebagian Warga, Dinkes OKU Himbau Masyarakat Lakukan 3M

oleh -753 Dilihat
oleh

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Dedi Wijaya

beritaokuterkini.com – Sejumlah warga di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dilaporkan terinfeksi Demam Berdarah Dengue (DBD), hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Pemerintah setempat telah mengambil langkah-langkah cepat untuk mengendalikan penyebaran penyakit mematikan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Dedi Wijaya mengatakan, beberapa Minggu terakhir ini terdapat 2 Kasus warga yang terinfeksi DBD di wilayah tertentu, salah satu warga Desa Bandar, Kecamatan Soso Buay Rayap dan salah satu warga Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur. Walaupun baru terdapat dua kasus DBD, hal ini cukup mengkhawatirkan.

Baca Juga :   PT Singa Dilaga Bersaudara Wisata, Luncurkan 65 Jamaah Umroh

“Pusat Kesehatan setempat suda melakukan langkah – langka seperti melakukan Fuggin Fokus di tempat warga yang terinfeksi DBD serta melakukan Rapid Test bagi warga yang tinggal bersama dengan orang yang terinfeksi DPD,” ungkapnya. Kamis, (21/12/2023).

Dikatakan Dedi, Untuk memutuskan mata rantai penyebaran nyamuk DBD, Dinkes OKU bersama seluru puskesmas suda mensosialisasikan kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan penyebaran Nyamuk DBD.

“Masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan kelambu saat tidur, dan menguras penumpukan air di tempat-tempat yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti, vektor penyakit DBD serta menaburkan bubuk Abate,” jelasnya .

Baca Juga :   Perkelahian Berdarah di Pasar Tradisional Desa Sukapindah, OKU: Dua Pihak Mengalami Luka-luka

Kepala Dinkes OKU Dedi menambahkan, jika terdapat Masyarakat mengalami gejala demam tinggi, nyeri sendi, dan perdarahan, masyarakat segera mencari bantuan medis atau datang ke Puskesmas terdekat.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *