Polres OKU Gelar Upacara Hut Bhayangkara Ke – 77 Tahun 2023

oleh -578 Dilihat
oleh

Foto suasana

beritaokuterkini.com – Setelah melaksanakan berbagai rangkaian acara dalam rangka menyambut Hut Bhayangkara ke – 77 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2023. Pada hari ini Polres OKU melaksanakan Upacara Hut Bhayangkara yang ke 77.

Dalam kegiatan Upacara Hut Bhayangkara ke 77 dipimpin langsung Kapolres Kapolres OKU AKP Arif Harsono, kegiatan dilaksankan di Lapangan Upacara Pemkab OKU. Sabtu (01/07/2023).

Selain Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, nampak hadir juga Waka Polres OKU Kompol Farida Aprilla, serta Jajaran Polres OKU, Penjabat (Pj) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, Sekda OKU Darmawan Iryanto, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine, Ketua DPRD OKU H Marjito Bahri, Kejaksaan Negri OKU Choirun Parapat, serta tamu undangan lain nya.

Dalam kesempatan itu Kapolres OKU AKBP Arif Harsono menyampaikan sambutan dari Kapolda Sumatra Selatan A Rachmad wibowo, SIK inspektur jenderal polisi. Pada hari bhayangkara yang ke-77 tahun ini, diharapkan semoga seluruh polisi yang ada di indonesia khususnya seluruh personel polda sumatera selatan dan jajaran senantiasa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tanpa pamrih dan tanpa mengenal lelah dalam menjaga dan mewujudkan stabilitas kamtibmas di negara republik indonesia khususnya di provinsi sumatera selatan.

“pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel atas kerja keras, dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama ini kepada organisasi, melalui pelaksanaan tugas yang optimal demi kemajuan organisasi polri dan untuk mewujudkan polri yang dipercaya masyarakat terutama polda sumsel yang kita cintai ini, ” ujarnya

Lanjut Kapolres OKU membacakan, sebagai abdi negara sudah seharusnya kita bersama saling bahu-membahu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta ketertiban di tengah masyarakat. kita jangan sampai lengah dalam memberikan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :   Satpol PP Kabupaten OKU Tertipkan PKL di Kawasan KTL

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara juga semakin kompleks. polri harus berpacu menguasai iptek, agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. penggunaan kewenangan polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir. “Tetapi saya ingatkan penggunaan kewenangan polri melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, melakukan penyitaan, penetapan tersangka dan seterusnya harus dilakukan secara bijak, harus dilakukan secara bertanggung jawab. ingat, bahwa negara kita adalah negara pancasila, negara demokrasi, negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, ” ungkapnya.

Masi kata Kapolres OKU menyampaikan, seperti yang kita ketahui bersama bahwa keamanan dan ketertiban dalam negeri dipengaruhi oleh kompleksnya dinamika perkembangan lingstra baik global, regional maupun nasional yang ditandai dengan berbagai permasalahan yang kita temui baik persoalan di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta keamanan.

Mencermati berbagai pengaruh dan kompleksitas di atas, polri sebagai alat negara yang bertanggung jawab di bidang keamanan, harus melakukan berbagai langkah nyata dan upaya konkret, baik dalam bidang preemptif, preventif maupun penegakan hukum. selain itu, polri juga memiliki tugas dalam membantu program-program pemerintah sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas. polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma- norma martabat masyarakat

Baca Juga :   Masyarakat Terdampak Banjir, Pertamina Hulu Energi Ogan Komering Respon Cepat Salurkan Bantuan ke Kecamatan Peninjauan

“Di Tahun tahun 2024 indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi yang besar mengingat pentingnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan Bangsa dan Negara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilu 2024, ” tegasnya.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara pemilu. tni, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi pemilu 2024 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis, dengan demikian diharapkan pemantapan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju indonesia maju.

“Disini kami menekankan bahwa polri selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan berdiri pada semua golongan tanpa membedakan suku, ras, agama dan tanpa pandang bulu. Selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada rakyat, kepada bangsa, kepada negara. semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa mempermudah kita dalam menjalankan amanah ini dirgahayu kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah bertransformasi menuju polri yang presisi untuk negeri menuju indonesia maju. selamat hari bhayangkara ke-77 tahun, jaya selalu polisi, ” Pungkasnya.

Di Penghujung acara tersebut, Kapolres OKU langsung memberikan Piagam Penghargaan sebanyak 46 orang yang terdiri Kepada personil Polres OKU, Polsek, Serta Masyarakat OKU.( Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *