Pj Bupati OKU Soroti Potensi Pertanian dan Dukung Kelompok Tani

oleh -63 Dilihat
oleh

Foto : suasana kegiatan Pj bupati OKU

beritaokuterkini.com – Penjabat (Pj) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, didampingi oleh asisten III Setda OKU Romson Fitri serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Husmin SP MM, melaksanakan kunjungan ke perkebunan cabai kelompok tani Harapan Makmur di Desa Karya Jaya Batumarta Unit XIII Kecamatan Sinar Peninajaun Kabupaten OKU pada Selasa (9/1/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk mendukung upaya kelompok tani dalam mengoptimalkan lahan kosong menjadi lahan produktif, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam menekan angka inflasi di Kabupaten OKU.

“Ini potensi pertanian yang luar biasa di OKU. Tanaman cabai tumbuh subur, dan hasilnya sangat baik. Kami berharap upaya ini dapat membantu menekan inflasi dan memberikan keuntungan bagi petani,” ujar Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah.

Baca Juga :   Lagi Terjadi Bocah Tenggelam di Sungai Ogan

Selain itu, kunjungan ini juga merupakan bagian dari sosialisasi ketahanan pangan dan pengendalian inflasi, serta dukungan terhadap program gerakan “OKU Menanam”. Pj Bupati OKU menekankan pentingnya tidak hanya melibatkan petani tetapi juga masyarakat umum dalam memanfaatkan lahan kosong sebagai sumber produksi pangan.

PJ Bupati OKU juga menyampaikan langkah-langkah konkret dalam mengatasi kendala yang dihadapi para petani, terutama terkait monopoli harga yang dilakukan tengkulak. “Kita akan melakukan intervensi harga dengan kerjasama Bulog OKU untuk membeli hasil panen petani cabai dengan harga yang menguntungkan petani,” jelas Teddy.

Baca Juga :   Penuntut Umum Pidana Kejaksaan Negri OKU, Inapkan 2 Terdakwa Kasus Korupsi di Rutan Baturaja

Selain itu, Pj Bupati berjanji untuk mendukung permodalan petani di Desa Karya Jaya. “Dana BTT (Biaya Tak Terduga) akan kami manfaatkan untuk membantu permodalan, seperti pembelian pupuk dan biaya transportasi. Kami berharap ini dapat mendukung pertumbuhan luas perkebunan cabai di daerah ini,” tambahnya.

Petani cabai di Desa Karya Jaya, seperti Iqbal, menyampaikan permasalahan utama terkait harga jual hasil panen dan permodalan yang tidak memadai. Pj Bupati OKU menyatakan komitmen untuk mengatasi masalah ini, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani cabai di Kabupaten OKU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *