Peluncuran Internet Desa Memudahkan Akses Informasi dan Komunikasi

oleh -794 Dilihat
oleh

Foto : suasana kegiatan peluncuran internet desa

beritaokuterkini.com – Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Lengkiti, kini dapat menikmati layanan internet gratis dari Pemerintah Kabupaten OKU. Keberhasilan ini disampaikan setelah Dinas Kominfo Kabupaten OKU membangun Tower Base Transceiver Station (BTS) di kedua desa tersebut.

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, secara resmi membuka akses internet desa dalam sebuah acara di Balai Desa Segara Kembang. Hadir dalam kegiatan ini, Asisten III Setda OKU Romson Fitri, Camat Lengkiti Dra Karolina, Kapolsek Lengkiti IPTU M Soleh, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tommy SH, Kadin PU Perkim Novri, serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kominfo OKU, Priyatno Darmadi S.Sos MSi, menjelaskan bahwa program Internet Desa ini merupakan bagian dari APBD Perubahan Tahun 2023. Proses pembangunan oleh PT Cyber Techno Indonesia dimulai pada 11 November 2023, dan sejak awal Desember 2023, internet sudah dapat diakses oleh masyarakat di kedua desa tersebut.

Baca Juga :   Pemkab OKU Siap Intervensi Harga Pasar Jika Terjadi Lonjakan Harga

Priyatno menambahkan, jangkauan Internet Desa mencapai 500 m² dari 1 tower BTS Triangle dengan 3 akses point. Internet ini memiliki masa aktif selama 1 tahun dan dapat dinikmati oleh hingga 600 orang.

“Program ini merupakan inisiatif Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, yang merupakan bagian dari program Smart City di mana OKU menjadi salah satu dari 50 kabupaten yang menerima program tersebut,” ungkapnya.

Pj Bupati Teddy Meilwansyah menegaskan bahwa dalam era teknologi saat ini, internet telah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. “Meskipun rencana pembukaan akses internet akan dilakukan secara bertahap, ia berharap ini dapat memberikan kontribusi positif terutama dalam mengangkat perekonomian masyarakat di kedua desa tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :   Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah Didampingi Direktur PD Pasar Radius Susanto, Tinjau Langsung Situasi dan Kondisi Pasar Induk Batu Kuning

Selain itu, Teddy mengingatkan pentingnya penggunaan internet dengan bijak dan sehat serta menghindari penyebaran informasi hoaks. Program Internet Desa diharapkan dapat diteruskan secara berkelanjutan, dengan rencana membuka akses internet di 12 desa pada tahun mendatang.

Kepala Desa Segara Kembang, Nazori Dinata, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Pj Bupati Teddy Meilwansyah. Masyarakat setempat kini dapat mengakses internet dengan cepat dan tanpa batas, membuka potensi pengembangan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *