Kenali Ini Perbedaan Sosial Media dan Media Online

oleh -477 Dilihat
oleh

Foto istimewah

beritaokuterkini.com – Sosial media dan media online adalah dua hal yang berbeda meskipun keduanya berhubungan dengan dunia digital. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Definisi:
Sosial media merujuk pada platform-platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang lain secara online. Contoh sosial media termasuk Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.

Sedangkan Media online, lebih mencakupi semua bentuk konten dan informasi yang dapat diakses melalui internet, termasuk berita, artikel, video, podcast, dan lain-lain. Media online dapat berbentuk situs web berita, blog, platform streaming, dan banyak lagi.

Untuk Fokus utama Sosial media, Fokus utama dari sosial media adalah interaksi sosial dan berbagi konten dengan teman, keluarga, dan pengikut. Tujuan utama sosial media adalah membentuk komunitas dan memperluas jaringan sosial.

Sementara Media online lebih Fokus utama nya, adalah memberikan informasi, hiburan, atau konten berkualitas kepada pengguna. Media online berfokus pada penyajian dan distribusi konten kepada audiens.

Baca Juga :   Kapolres OKU Cek Pelaksanaan Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Baturaja

Sosial media, Fitur interaktif merupakan bagian kunci dari sosial media. Pengguna dapat memberikan komentar, menyukai, dan berbagi konten yang di posting oleh pengguna lain.

Media online mungkin juga memiliki fitur interaktif, seperti komentar dan berbagi, tetapi interaksi sosial bukanlah fokus utama. Lebih sering, fitur interaktif di media online bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pengguna dan mendapatkan tanggapan terhadap konten yang dipublikasikan.

Untuk sumber konten Sosial media yakni, Konten di sosial media berasal dari pengguna sendiri. Pengguna mengunggah foto, video, status, dan berbagi konten lainnya yang mereka temukan menarik.

Sedangkan sumber Konten di Media online, biasanya dibuat oleh penerbit, perusahaan berita, atau individu yang memiliki platform khusus untuk menyajikan konten tertentu. Sumber konten media online sering kali lebih terstruktur dan lebih profesional dibandingkan dengan sosial media.

Baca Juga :   Buntut Dari Aksi Gembok Pintu Gerbang Dewan DPRD OKU, Masyarakat OKU Ngadu Ke Polres

Adapun Jenis konten Sosial media lebih cenderung lebih singkat dan pribadi, seperti status, gambar, video pendek, dan cerita singkat.

Nah untuk jenis konten Media online lebih bervariasi, mencakup berita, artikel panjang, video dokumenter, podcast, infografis, dan lebih banyak lagi.

Meskipun ada perbedaan tersebut, sosial media dan media online dapat saling berintegrasi. Konten yang dipublikasikan di media online sering kali dibagikan melalui platform sosial media untuk mencapai audiens yang lebih luas. Hal ini menunjukkan bahwa kedua jenis platform ini memiliki peran yang penting dalam dunia digital dan mempengaruhi cara kita berinteraksi dan mengakses informasi.( Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *