Kapolres OKU Himbau Orang Tua Tingkatkan Pengawasan Anak Perempuan dari Ancaman Pencabulan dan Pemerkosaan

oleh -994 Dilihat
oleh

Foto : Himbauan Kapolres OKU

beritaokuyerkini.com – Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Imam Zamroni, SIK., MH., mengeluarkan himbauan kepada para orang tua untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak perempuan mereka guna mencegah kasus pencabulan dan pemerkosaan yang semakin meresahkan.

Menurut Kapolres, peran orang tua sangat penting dalam melindungi anak-anak dari bahaya predator yang mengintai. Ia menekankan pentingnya meningkatkan pengawasan terutama pada saat anak sedang sibuk dengan aktivitasnya. Kamis, (28/03/2024).

“Kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur semakin meningkat. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk lebih proaktif dalam melindungi anak-anak mereka, terutama saat kesibukan menghampiri. Pelaku kejahatan tersebut bisa jadi orang yang dekat, bahkan anggota keluarga sendiri,” ujar Kapolres.

Baca Juga :   15 Rekomendasi Universitas Terbaik di Sumatra Selatan 2022

Kapolres juga mengingatkan tentang dampak psikologis yang dirasakan korban, terutama pada masa mendatang. Untuk itu, orang tua diharapkan selalu memperhatikan dan melindungi anak-anak mereka, bahkan di tengah kesibukan sehari-hari.

Dalam upaya pencegahan, Kapolres OKU meminta kolaborasi antara orang tua dan guru untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang bahaya yang mungkin mengintai dari orang asing maupun kenalan lama. Pengawasan ketat diperlukan terutama saat anak sedang beraktivitas di luar rumah.

“Orang tua dan guru harus memastikan anak-anak mendapatkan pengawasan yang baik, terutama saat mereka pergi sekolah atau bermain. Pastikan juga anak tidak berjalan sendirian di tempat-tempat sepi dan ajarkan kepada mereka cara menghadapi situasi darurat,” tambah Kapolres.

Baca Juga :   Terungkap, Pelaku Hipnotis Mengambil Sepeda Motor Diciduk Anggota Satlantas Polres OKU

Terkait hal ini, Kapolres mengimbau pihak sekolah untuk memperketat pengawasan terhadap alat komunikasi bagi para pelajar guna menghindari penyalahgunaan yang tidak diinginkan. Selain itu, orang tua diminta untuk lebih peka terhadap perubahan perilaku anak-anak mereka dan memastikan keberadaan mereka di luar rumah, terutama pada jam-jam yang rawan.

“Kami berharap dengan langkah-langkah preventif ini, kita dapat mencegah kasus-kasus yang tidak diinginkan terjadi pada anak-anak kita. Mari kita jaga dan lindungi mereka dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *