Wabah DBD Kembali Menelan Korban, Dinkes OKU Berikan Resphon Cepat

oleh -715 Dilihat
oleh

Foto : kegiatan Fugging di Lorong Veteran

beritaokuterkini.com – Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) menelan korban lagi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Azzahra Risky Febriansyah (8), putri Aang Gunardi, warga Jalan Veteran Lorong Veteran RT 13/RW 04 Kelurahan Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, menjadi korban meninggal pada Sabtu, 3 Februari 2024, akibat terjangkit virus DBD.

Dalam menghadapi situasi ini, Tim Kesehatan Puskesmas Kemalaraja, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKU, telah memberikan respons cepat.

Kadinkes Kabupaten OKU, Dedi Wijaya melalui Kabid P2P Dinkes OKU, Andi Prapto, menjelaskan bahwa kegiatan Fugging telah dilakukan sebagai tindakan langsung atas kematian Azzahra.

Baca Juga :   Warga Baturaja Timur Ditemukan Tak Bernyawa di Pinggir Sungai Ogan, Diduga Akibat Darah Tinggi

“Hari ini, Tim Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas Kemalaraja melakukan penyelidikan epidemiologi terkait kejadian Demam Berdarah di Lorong Veteran. Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat setempat untuk mencegah penyebaran virus DBD,” ungkap Andi Prapto.

Selain edukasi, pihak Dinkes OKU juga melakukan Fogging di wilayah tersebut sebagai upaya nyata dalam menanggulangi penyebaran DBD. Andi Prapto berharap kerjasama antara pemerintah setempat, RT, tokoh masyarakat, dan kepolisian dapat meminimalisir kasus DBD yang sedang meningkat di Kabupaten OKU.

“Masyarakat perlu bekerja sama dengan pemerintah dalam melakukan 3M: menguras, menutup, dan menimbun barang yang berpotensi genangan air, yang dapat menjadi tempat nyamuk bersarang,” tambahnya.

Baca Juga :   Antisipasi dan Siaga Karhutlah, Kapolres OKU Himbau Masyarakat Agar Tidak Membakar Lahan Dan Hutan

Andi Prapto menekankan pentingnya kebersihan lingkungan dan pola hidup bersih sebagai langkah mandiri dalam memerangi penyebaran nyamuk DBD.

Selain itu, secara terpisah , Zaidan Jauhari, Tokoh Masyarakat di Lorong Veteran yang di dampingi Ketua RT 13 Bambang Putra Ganepo, menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kemalaraja atas tindakan cepat dalam memutus mata rantai penyebaran nyamuk DBD.

“Kami siap membantu dalam gerakan 3M yang telah ditetapkan oleh pihak Dinas Kesehatan untuk menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Zaidan Jauhari. (HRS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *