Sebanyak 2500 UMKM di Kabupaten OKU Difasilitasi Pinjaman Tanpa Bunga

oleh -801 Dilihat
oleh

Foto Suasana

BERITAOKUTERKINI.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU bersama Pemerintah Kabupaten OKU mewujudkan program kredit usaha mikro bagi UMKM tanpa bunga.

Program ini dijalankan oleh Dinas Koperasi dan UKM OKU yang nantinya disalurkan melalui bank Sumsel Babel. Tak tanggung-tanggung guna mewujudkan memperkuat ekonomi masyarakat, eksekutif dan legislatif menyiapkan anggaran 1 milyar dari dana APBD OKU untuk program tersebut.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM OKU Firdaus menyebutkan sebanyak kurang lebih 2500 UMKM yang difasilitasi pinjaman tanpa bunga ini.

Baca Juga :   JPU Menuntut Mostopa Alisa Mus Tato Dengan Hukuman 14 Tahun Penjara

Sasarannya pelaku usaha kecil menengah di seluruh kecamatan yang ada di OKU. Namun, syarat dan ketentuan berlaku sehingga dana segar itu bisa tepat sasaran bagi pelaku usaha kecil menengah yang memerlukan modal tambahan.

“Salah satu syaratnya harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), serta dari pihak bank tidak boleh ada pinjaman KUR, “jelas Firdaus saat sosialisasi Program Kredit Usaha Mikro dan Kegiatan Fasilitas Kemitraan Usaha Mikro Tahun Anggaran 2023 bersama DPRD OKU dan bank Sumsel Babel.

Baca Juga :   Kendaraan Parkir secara Liar, Sebabkan kemacetan Lalu Lintas

Dijelaskan Firdaus program ini memang hadir atas usulan dari komisi 3 DPRD OKU yang disahkan bersama pemkab OKU

“Ini tentu sejalan dengan program kita bersama. Seperti yang dikatakan pihak BSB, untuk satu UMKM di tahap pertama ini limitnya Rp 10 juta dengan tenor 24 bulan, untuk bunganya yang bayar pemerintah jadi pelaku usaha hanya bayar pokoknya saja, itulah keuntungan dari program ini,”jelas Firdaus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *