Kodim 0403 OKU Bersama Pj Bupati OKU, Kompak Gotong Royong Berisikan Kawasan Langganan Banjir

oleh -788 Dilihat
oleh

Foto Suasana kegiatan

beritaokuterkini.com – Dalam menghadapi potensi banjir, Komandan Kodim 0403 OKU, Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine, bersama Pj Bupati H Teddy Meilwansyah, pada Senin (4/11/2023), bersinergi dalam melakukan pembersihan di Kelurahan Baturaja Permai, Kecamatan Baturaja Timur, yang dikenal sering terkena banjir.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Karya Bhakti TNI yang diinisiasi oleh Kodim 0403 OKU dan melibatkan BPBD OKU, DLH, Damkar, dan masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan itu Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, menjelaskan bahwa ini adalah langkah konkrit sesuai instruksi dari Gubernur, Pangdam, dan Kapolda Sumsel untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan upaya mitigasi terhadap banjir dan tanah longsor di masa mendatang.

Baca Juga :   PAW PPS Desa Teluk Agung Dipermasalahkan, KPU OKU Selatan Diduga Langgar Kode Etik Pemilu

“Gotong royong ini berdasarkan permintaan langsung dari masyarakat, mengingat wilayah ini rentan terhadap banjir setiap musim hujan. Wilayah Sekarjaya juga menjadi fokus perhatian karena sering kali mengalami banjir, ” ungkap Teddy.

Dalam upaya mencegah banjir, Teddy menyebutkan bahwa Pemkab bersama Kodim 0403 OKU telah melakukan normalisasi anak sungai dan drainase di daerah Sekarjaya dan Baturaja Permai dengan menggunakan dana bangun.

Dandim 0403 OKU, Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk menghindari bencana alam seperti banjir dan tanah longsor selama musim hujan. “Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi dorongan bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungannya dan berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga :   Satuan Binmas Polres OKU Lakukan Penyuluhan Binlu Kepada Siswa SMA

Selain itu Lanjut Dandim, ia merujuk pada banjir bandang di OKU Selatan beberapa waktu lalu sebagai pembelajaran, sehingga penting untuk melakukan mitigasi dan pencegahan bencana serupa.

“Keterlibatan personel dari Kodim dan Koramil di OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan menjadi bagian integral dari usaha bersama dalam melawan potensi banjir dan tanah longsor,” tambahnya.

Dandim berharap bahwa kegiatan ini akan memotivasi masyarakat untuk aktif dalam menjaga lingkungan mereka, serta dapat menjadi langkah konkret dalam mencegah dan mengurangi risiko banjir di wilayah tersebut.(Red/Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *