Dinas PUPR OKU Mengelar Konsultasi Publik Revisi RTRW dan KLHS

oleh -796 Dilihat
oleh

Foto bersama kegiatan Konsultasi Publik 2 (KP 2) Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten OKU

beritaokuterkini.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kembali menggelar Konsultasi Publik 2 (KP 2) Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten OKU dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU. Selasa, 05/12/2023.

Kegiatan dihadiri oleh, Asisten II, Puslatpur, Kadin PUPR OKU, OPD Terkait Kab.OKU, UPTD Regional VI Dinas ESDM Prov.Sumsel, UPTD Regional VI Bukit Nanti Din.LHK Prov.Sumsel, Kabag Tapem, Camat se-Kab.OKU, BUMN, BUMD, Prodi Teknik Lingkungan Unbara, Ketua REI OKU, Tokoh Masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten OKU Ir. H. Ulia Mahdi, menyampaikan bahwa dalam rangka rencana tata ruang Kabupaten OKU telah melalui beberapa tahapan antara lain FGD dan Konsultasi Publik satu yang menjaring isu strategis baik dari berbagai sumber pemerintah maupun swasta.

Baca Juga :   Kedapatan Membawa Pisau di Pinggang, Seorang Pria Dewasa di Ciduk Polisi

“Konsultasi Publik 2 yang akan dilaksanakan untuk memantapkan masukkan terkait tujuan kebijakan dan strategis penataan ruang wilayah rencana struktur ruang, rencana pola ruang, serta perwujudtan program pembangunan dalam 20 tahun kedepan, serta arahan pengendalian penempatan ruang pemanfaatan program pembangunan harus selaras dengan berbagai kebijaksanaan kebijakan Nasional, Provinsi, serta wilayah Kabupaten OKU,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Ulia, semua unsur baik lembaga harus membantu terlaksananya kegiatan ini, dari berbagai unsur baik SKPD, wakil rakyat, akademi, LSM, dan tokoh masyarakat untuk menyampaikan informasi untuk sampai mendapat persetujuan substansi oleh pemerintah pusat dan dapat mewujudkan peraturan daerah (Perda) rencana tata ruang wilayah Kabupaten OKU periode 2023-2043.

Dalam kesempatan itu juga Sekda OKU Dharmawan Irianto mengatakan bahwa Konsultasi publik ini tentunya memiliki tujuan strategis untuk menampung masukan pemikiran yang konstruktif, sekaligus men-selaras-kan dan men-sinergi-kan ide dan gagasan pengaturan RTRW dan Program-program, pengendalian lingkungan strategis yang berkenaan dengan langsung terhadap rencana pembangunan daerah dalam lingkup Kabupaten OKU, yang akan menjadi landasan arah pembangunan jangka menengah dan jangka panjang.

Baca Juga :   SDN 1 OKU Berkomitmen Pada Pendidikan Kesehatan Anak-Anak

“Saya sangat menyambut positif dan apresiasi atas pelaksanaan konsultasi publik ini, sebagai wujud komitmen kita semua menuju Kabupaten OKU yang maju dan sejahtera dan menjadikan daerah kita ini sebagai wilayah yang berkembang dan semakin maju, unggul, terdepan dan kreatif dalam percepatan pembangunan,” ungkapnya.

Lanjut sekda menambahkan, Konsultasi publik dalam rangka pembahasan revisi RTRW dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang nantinya menjadi bahan kajian dan pertimbangan dalam proses penyusunan RPJMD dan RPJPD Kabupaten OKU yang saat ini masih dalam pembahasan komprehensif oleh OPD terkait. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *