Hujan Deras Landa Baturaja Timur, OKU: 12 Rumah Terendam Banjir

oleh -1572 Dilihat
oleh

Foto : Suasana patroli di tempat titik banjir

beritaokuterkini.com, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) – Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi melanda wilayah Kecamatan Baturaja Timur pada Kamis malam, 08 Februari 2024. Akibatnya, aliran anak sungai Bukit Balau di Kelurahan Baturaja Permai meluap, menyebabkan drainase di Kelurahan Sukaraya (Taman Sari) tersumbat dan 12 rumah serta permukiman warga terendam air.

Drs Januar Efendi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU melalui perwakilan Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi , menyatakan pihaknya telah mengambil langkah darurat. Bersama Satgas Bantuan Banjir dan Longsor (Bansor) Kabupaten OKU, personil dan peralatan dikerahkan ke lokasi banjir untuk persiapan evakuasi jika diperlukan.

Baca Juga :   Nafsu Kakek Memuncak, Anak di Bawah Umur ini Jadi Korban Seksual

“Pusdalops BPBD OKU melakukan pemantauan cuaca 1×24 jam dan memberikan peringatan dini ke masyarakat berdasarkan informasi dari BMKG,” ungkap Gunalfi, Jumat (09/02/2024).

BPBD OKU dan Satgas Bansor, di bawah pengawasan Penjabat Bupati OKU, melakukan tinjauan langsung di dua titik wilayah terdampak. Hasil kajian cepat akan disampaikan ke Gubernur Sumsel, BPBD Provinsi Sumsel, dan BNPB Pusat.

“Pendataan terhadap masyarakat yang terdampak dan patroli di wilayah yang sering terkena banjir sudah dilakukan oleh BPBD bersama instansi terkait. Di Kelurahan Baturaja Permai, debit air sudah turun, sementara di Kelurahan Sukaraya (Taman Sari 1) masih ada genangan, dan proses penyedotan sedang dilakukan,” tambah Gunalfi.

Baca Juga :   Perdana, Kapolres OKU Lakukan Pengecekan Beberapa Ruang Tempat Pelayanan Masyarakat, Salah Satunya Gedung Pelayanan SPKT

Pihak berwenang terus memantau perkembangan situasi serta memberikan informasi dan bantuan yang diperlukan untuk mengatasi dampak banjir yang melibatkan warga di Kabupaten OKU. (Hrs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *