Hari Kesehatan Nasional 2023: “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju Mutlak Kita Laksanakan”

oleh -702 Dilihat
oleh

Foto : kegiatan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT HKN Ke – 59

beritaokuterkini.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) peringati Hari Kesehatan Nasional yang ke – 59 tahun 2023, Indonesia mengambil tema ” Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju Mutlak Kita Laksanakan.” Pemerintah bersama para tenaga kesehatan aktif mengkampanyekan pola hidup sehat, dan peningkatan akses layanan kesehatan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Dedi Wijaya, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, Dandim 0403 OKU serta beberapa tamu undangan lainnya. Kegiatan dipusatkan di gedung kesenian Baturaja, Kamis (21/12/2023).

Dalam sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang di sampaikan Pj bupati OKU H Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa, Indonesia tangah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara.

Baca Juga :   Dua Pelaku Nekat Curi HP, Pura Pura Beli Alat Listrik

“Kita, bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle income trap, menjadi negara yang berpendapan tinggi, serta mencapai Visi Indonesia emas tahun 2045,”ujarnya.

Lanjut disampaikan Teddy, Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan oleh karna itu tema hari ini ” Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju Mutlak Kita Laksanakan.”

“Itulah amanat undang – undang 1945 bagi kita semua. Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak,” katanya.

Berdasar mandat itulah, lanjut disampaikan Teddy, enam pilar tranformasi kesehatan penopang kesehatan Indonesia harus kita bangunan bersama dengan serius.

Baca Juga :   Akibat Serangan ODGJ, Seorang Petani di OKU Alami Luka Serius Akibat Benda Tajam

“Pesan saya RIBK Harus diacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan serta mengimplementasikan program kesehatan di wilayah.

Pemerintah pusat tidak mampu melakukannya sendiri. Hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta seluru elemen masyarakat terdapat enam pilar transformasi kesehatan bisa kita tegakan untuk perubahan yang lebih baik.

“Transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang lebih maju. Tidak hanya di kota – kota besar, transformasi kesehatan harus menjangkau ke seluru penjuru Indonesia, tidak terkecuali di daerah terpencil, tertinggi, di perbatasan maupun di kepulauan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *