Aktivitas Cuaca Mengkhawatirkan di OKU

oleh -774 Dilihat
oleh

Foto : analisa MBKG

beritaokuterkini.com – Berdasarkan pemantauan data dari BMKG, BNPB, dan meteorologi dunia, teridentifikasi aktifnya MJO di Samudera Hindia. Terpantau adanya dua jenis siklon tropis, yaitu Siklon Tropis Anggrek dan Siklon Tropis Belal, yang dapat berpengaruh pada pertumbuhan awan penghujan. Hal ini berpotensi menyebabkan cuaca ekstrem di beberapa wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya.

Dalam merespons situasi ini, BPBD Kabupaten OKU, Drs Januar Efendi, melalui Pusdalops BPBD OKU Gunalf, mengimbau kepada masyarakat OKU untuk tetap waspada dan siaga terhadap ancaman/potensi bencana hidrometeorologi tipe basah seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang/puting beliung, terutama bagi yang tinggal di daerah rawan bencana.

Baca Juga :   Persiapan Polri Menghadapi Pemilu 2024, Ini Kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

“Lakukan pembersihan drainase yang tersumbat oleh sampah secara gotong royong, selalu monitor informasi cuaca dan peringatan dini yang dikeluarkan oleh instansi berwenang, laporkan kejadian bencana ke instansi terkait penanggulangan bencana. Serta jika terjadi bencana, usahakan untuk melakukan evakuasi mandiri sambil menunggu petugas datang ke lokasi bencana,” himbauannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *