Waspada Karhutla, Kabupaten OKU Saat Ini Dalam Suhu Normal 35,7 ° C

oleh -350 Dilihat
oleh

Foto Istimewah

BERITAOKUTERKINI.COM – Suhu udara di beberapa negara di Asia memang sedang panas. Tapi untuk wilayah Indonesia sendiri suhu udara di siang hari tercatat masih dalam kondisi normal (antara 31 – 35 C). Karena kita akan memasuki musim kemarau memang suhu udara maksimum di siang hari lebih panas dibanding pada saat musim hujan. Karena itu kita memang akan terasa panas di siang hari. Fenomena ini di Indonesia bukan gelombang panas seperti di negara lain di Asia.

Dalam hal itu di sampaikan Kepala BPBD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Hemni Rusdi memalui melalui Manager Pusdalops Gunalfi, Senin (15/05/2023).

Baca Juga :   KPU OKU Kunjungi Panti Asuhan, Ade: Doakan Hajat Besar Kita Berjalan Lancar

” Menyikapi suhu panas di siang hari disebabkan oleh beberapa faktor. Saat ini Sumsel akan memasuki musim kemarau jadi intensitas hujan sudah mulai berkurang, Karena mulai jarang hujan tutupan awan juga mulai sedikit sehingga sinar matahari langsung menyinari permukaan bumi. Terkadang ketika menjelang akan turun hujan proses penguapan untuk membentuk awan hujan juga membuat cuaca terasa gerah/panas, ” jelasnya.

Lanjut dikatakan Gunalfi, bahwa pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu panik yang berlebihan. Tapi kewaspadaan dan kehati-hatian di musim panas/kemarau ini memang perlu demi menjaga kesehatan dan keselamatan serta tidak kalah penting menghindari ancaman bencana karhutla.

Baca Juga :   Sebanyak 247 JCH Adal OKU Siap Berangkat Ketanah Suci Mekah Untuk Menjalankan Ibadah Haji

” Dan hasil monitoring kita dari data alat aws yang terekam untuk suhu tertinggi di wilayah Kabupaten OKU dalam kurun waktu 1 minggu ini sempat menginjak ke angka indeks 35,7 ° C artinya suhu di Kabupaten OKU masih dalam kategori normal, ” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *