Pemkab OKU Melalui Dinas PUPR Akhirnya Membangun Siring, Untuk Atasi Banjir Yang Menggenangi Jalan Pancur

oleh -445 Dilihat
oleh

Foto suasana Kepala Dinas PU PR Tinjau Lokasi

BERITAOKUTERKINI.COM –Banjir yang menggenang di Jalan pancur Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU yang hingga kini masih menggenang akhirnya mendapatkan solusi. Pemkab OKU melalui Dinas PUPR akhirnya membangun siring sepanjang ratusan meter menuju anak sungai untuk mengalirkan genangan air yang merendam puluhan rumah di kawasan itu.

Hal itu diungkapkan PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd melalui Kepala Dinas PUPR OKU Ir H Ulia Mahdi MM Sodetan siring ini dibuat sepanjang 150 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar 2 meter. Sodetan siring ini mengalihkan genangan air kearah aliran air lainnya sehingga air dapat mengalir ke tempat pembuangan.

“Sejak kemarin (1/5/2023) Kita telah mengerahkan satu unit alat berat Excavator untuk membuat sodetan siring ini, insyallah cepat selesai,” kata Ulia.

Dituturkan Ulia, Untuk membuat sodetan siring ini, Pihak Pemkab OKU telah berkomunikasi dengan pemilik lahan, yang direspon secara posotif oleh pemilik lahan dengan menghibahkan tanah yang akan dilalui siring tersebut.

Baca Juga :   Sebanyak 35 Orang Perwakilan RT / RW di Dua kecamatan Ini, Mintak Insentif RT RW tahun 2023 di Bayar Rp 1,5 Juta

“Sodetan Siring ini hanya penanganan jangka pendek, untuk jangka panjangnya tetap kita akan buat siring permanen yang kearah goa tempat pembuangan dan jalur air selama ini, dicekungan tempat genangan air terdapat goa yang nanti akan kita bersihkan dan langsung mengalir ke sungai ogan, sehingga masyarakat dapat terbebas dari banjir,” tuturnya.

Dengan adanya pembuatan sodetan siring ini kata Ulia, diharapkan dapat mengurai genangan air yang membanjiri pemukiman warga, serta menjadi langkah antisipai banjir kedepan. Sodetan siring ini menjadi jalur alternative air setelah jalur melalui goa.

“Insyallah pengerjaan kita percepat paling tidak 5 hari selesai,” tandasnya.

Terpisah Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd mengatakan Pemkab OKU telah mengambil langkah cepat dalam penanganan banjir yangterjadi di dua titik kawasan rawan banjir yang terjadi akhir-akhir ini. Dua kawasan itu disebutkan Teddy, Kelurahan Sekarjaya dan Kawasan jalan Pancur Desa Tanjung Baru.

Baca Juga :   Ini Penyebab Kebakaran Hebat Yang Menghabiskan Panglong Kayu dan Tiga Unit Mobil di Desa Air Paoh

“Kalau di Sekarjaya kemarin kita sudah meninjau bersama Pak Gubernur Herman Deru, Pak Gubernur memberikan bantuan untuk normalisasi aliran sungai melalui Bangub, sedangkan untuk pancur kita membuat sodetan siring untuk mengalirkan genangan air dikarenakan daerah pancur tidak ada tempat pembuangan air yang mana kawasan itu berada dicekungan sehingga genangan air berkumpul disana,” Tandasnya.

Sementara, Subri Bustan selaku kepala Desa Tanjung baru merasa sangat berterima kasih atas solusi yang diberikan pemerintah daerah Kabupaten OKU. Menurutnya langkah cepat Pemkab OKU itu dapat memberi senyum terhadap masyarakat yang terdampak banjir selama hampir 1 pekan belakangan.

“Alhamdulillah, Kami atas nama masyarakat Tanjung Baru dan secara pribadi menyampaikan ucapan terima kasih. Kepada para pemilik tanah yang telah menghibahkan dengan ikhlas. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi yang bersangkutan. Dan mendapat amal pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT,” ucap Subri.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *