Pemberian Vitamin-A Untuk Balita Tertunda Sampai Oktober Mendatang, Ini Alasan Dinkes OKU

oleh -386 Dilihat
oleh

Foto Suasana

beritaokuterkini.com – Pemberian Vitamin-A terhadap 29 ribu lebih anak usia balita di Kabupaten Ogan Komering Ulu tertunda. Penundaan ini bukan dipastikan bukan karena kekosongan atau keterbatasan stok Vitamin-A, melainkan karena pihak Dinas Kesehatan OKU masih melaksanakan Survey Kesehatan. Survey Kesehatan ini, antara lain bertujuan untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Dalam hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan OKU, Deddy Wijaya melalui Plt Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Bid Kesmas), Dinkes OKU Afua Amuri menjelaskan, bahwa pemberian Vitamin-A terhadap 29 ribu lebih balita di OKU akan dilakukan pada bulan Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga :   Nafsu Kakek Memuncak, Anak di Bawah Umur ini Jadi Korban Seksual

“Semestinya dijadwalkan pada bulan Juli. Dikarenakan ada Survey Kesehatan, maka pemberian Vitamin-A terhadap Balita se Kabupaten OKU di tunda sampai bulan Oktober mendatang,” jelasnya.

Dalam penyalurannya nanti, lanjut Afua, pihak Dinkes OKU akan melakukan turun langsung kelapangan. Mulai dari rumah-rumah sasaran sampai melibatkan Posyandu dan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

“Hal ini dilakukan agar pemberian vitamin terhadap balita bisa tepat sasaran. Langkah pemberian vitamin ini, sebagai salah satu langkah menekan angka stunting di wilayah Kabupaten OKU,” jelasnya.

Baca Juga :   Jelang Hari Raya Idhul Adha, Pemerintah Kabupaten OKU Lakukan Sidak Pasar

Tambah afua menjelaskan, manfaat anak yang mendapat asupan Vitamin-A cenderung memiliki kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit infeksi seperti campak, diare, mata dan tidak menghambat tumbuh kembang pada anak.

“Ada dua jenis Vitamin-A yang akan diberikan kepada anak usia balita. Pertama warna biru untuk bayi usia 6 sampai 12 bulan dan warna merah 1 sampai 5 tahun,” jelasnya.(ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *