Kapolres OKU Ingatkan Masyarakat Untuk Selalu Waspada Disaat Musim Kemarau Panjang, Yang Memiliki Potensi Bahaya Kebakaran

oleh -476 Dilihat
oleh

Foto Kasi Humas Polres OKU AKP Budhi Santoso saat diruang Kerjanya

beritaokuterkini.com – Dalam tiga bulan terakhir, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) telah mengalami sejumlah insiden kebakaran yang mencakup berbagai jenis properti, mulai dari rumah, panglong kayu, lahan kosong, hingga baru-baru ini, sebuah truk batubara.

Kepolisian Resor (Polres) OKU mengingatkan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan ketika menghadapi musim kemarau, yang memiliki potensi tinggi untuk kebakaran.

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono, yang diwakili oleh Kasi Humas Polres OKU, AKP Budhi Santoso, menjelaskan bahwa mayoritas kebakaran di daerah Bumi Sebimbing Sekundang disebabkan oleh konsleting listrik atau arus pendek listrik. Oleh karena itu, mereka mengimbau agar masyarakat selalu memeriksa instalasi listrik sesuai dengan standar keamanan, menghindari penumpukan sakelar, tidak memasang stopkontak di tempat yang basah, dan menghindari penggunaan listrik ilegal.

Baca Juga :   Polisi Cilik Polres OKU Raih Juara Pertama Dalam Lomba Polisi Cilik Tingkat Polda Sumsel Tahun 2023

Selain itu, Budhi Santoso menekankan pentingnya memastikan bahwa kompor tidak dalam posisi menyala saat meninggalkan rumah, serta menggunakan perangkat kompor gas yang memenuhi standar SNI. Dia juga mengingatkan untuk mencabut peralatan elektronik saat meninggalkan rumah sebagai tindakan pencegahan tambahan.

Dalam hal lahan gambut, pihak berwenang menghimbau agar masyarakat tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, karena tindakan ini dapat memicu kebakaran. Jika terjadi situasi darurat seperti kebakaran, mereka juga menyarankan untuk segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk penanganan lebih lanjut. (Fiq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *