Hujan Ekstrem Melanda Kabupaten OKU, Ini Penyebabnya.

oleh -1135 Dilihat
oleh

Foto : Analisa BMKG Sumatra Selatan

beritaokuterkini.com – Sebagian wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), termasuk Kecamatan Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Muarajaya, Baturaja Timur, dan sekitarnya, mengalami cuaca ekstrem dengan hujan deras. Melalui penelitian BMKG Provinsi Sumatra Selatan menyatakan dua faktor utama yang menyebabkan kejadian Pola Shear Line dan Konvergensi.

“Analisis menunjukkan adanya pola shear line atau belokan angin, dan konvergensi di wilayah Selatan dan Barat Sumatera Selatan. Kondisi ini menyebabkan penumpukan massa udara dan pembentukan awan konvektif serta hujan di Kabupaten OKU,” ujar Drs Januar Efendi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU melalui perwakilan Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi pada portal ini. Minggu (18/02/2024).

Baca Juga :   Diduga Abaikan K3, Aktivitas Penambangan Batu Kapur di Area PT Semen Baturaja Nyaris Memakan Korban

Selain itu, lanjut dijelaskan Gunalfi, Kelembapan Udara Tinggi, sapisan udara pada ketinggian 850 – 500 mb di Sumatera Selatan menunjukkan tingkat kelembapan cukup tinggi, berkisar antara 80% – 90%. Keadaan ini menjadi pemicu utama bagi terjadinya hujan ekstrem di wilayah tersebut.

“Kami menghimbau warga untuk tetap waspada dan mengikuti informasi cuaca terkini, kami sedang melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan dampak cuaca ekstrem,” pungkasnya. (Hrs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *