Dinkes Kabupaten OKU Mengimbau Masyarakat untuk Menggunakan Masker Hingga Tidak Membakar Sampah

oleh -772 Dilihat
oleh

Foto Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU

beritaokuterkini.com – Dalam upaya mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker. Hal ini dilakukan pasca turunnya hujan dalam beberapa hari terakhir yang menyebabkan kondisi udara di Baturaja OKU, dengan indeks standar pencemar udara (ISPU), mengalami perbaikan.

Kepala Dinas Kesehatan OKU, Deddy Wijaya, menjelaskan bahwa imbauan ini diberikan agar masyarakat tetap waspada dan melindungi diri mereka sendiri, terutama saat berada di area padat lalu lintas atau area yang kering yang berpotensi mengeluarkan debu.

Baca Juga :   Bawaslu OKU Akan Menertibkan APK Yang Bertebaran Luas di Seluru Kecamatan Wilayah OKU

Deddy Wijaya menjelaskan, “Kami melakukan ini semata-mata untuk kesehatan masyarakat itu sendiri, terutama untuk mencegah terjadinya ISPA yang rawan pada musim kemarau. Kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri.”

Selain itu, menghimbau masyrakat untuk selalu mengunakan masker, Dinas Kesehatan OKU juga mendorong penanaman pohon serta pemeliharaannya. Pohon-pohon ini berfungsi sebagai pereduktor polusi udara, membantu menjaga kualitas udara di wilayah tersebut.

Deddy menambahkan bahwa kasus ISPA di Kabupaten OKU mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari 18 puskesmas selama periode Juli 2023, tercatat 1.293 kasus. “Angka ini meningkat menjadi 2.267 kasus pada bulan Agustus. Total keseluruhan dari Januari hingga Agustus mencapai 12.322 kasus, dengan sekitar 504 penderita ISPA per minggu. Dengan imbauan ini, diharapkan dapat mengurangi risiko penularan ISPA di masyarakat Kabupaten OKU,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *