Begini Cara mengecek Handphone ilegal

oleh -464 Dilihat
oleh

Foto sumber dari telisik

beritaokuterkini.com – Untuk mengecek apakah sebuah handphone ilegal atau tidak, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut :

UPeriksa stiker resmi: Periksa apakah handphone memiliki stiker resmi dari pemerintah atau badan regulasi yang sesuai di negara Anda. Stiker ini menunjukkan bahwa handphone tersebut telah lulus sertifikasi dan dianggap legal.

Periksa nomor IMEI: Setiap handphone memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang unik. Anda dapat memeriksa IMEI handphone dengan cara mengetik *#06# pada layar panggilan untuk menampilkan nomor IMEI. Selanjutnya, cek apakah nomor tersebut terdaftar dan sah di situs resmi perangkat telekomunikasi di negara Anda.

Baca Juga :   Waka Polres OKU Polda Sumsel Pimpin Jum’at Curhat Di Kantor Desa Baturaja Permai

Periksa dokumen dan faktur: Pastikan Anda mendapatkan dokumen dan faktur resmi saat membeli handphone. Handphone ilegal mungkin tidak memiliki dokumen dan faktur resmi.

Perhatikan kualitas fisik: Handphone ilegal cenderung memiliki kualitas fisik yang kurang baik dan terkadang terlihat murahan. Perhatikan dengan seksama untuk melihat apakah ada tanda-tanda handphone tersebut bukan produk resmi.

Jika Anda memiliki kecurigaan bahwa handphone tersebut ilegal, sebaiknya konsultasikan dengan pihak berwenang atau pihak yang berkompeten untuk memverifikasi lebih lanjut. Penting untuk memastikan bahwa handphone yang digunakan adalah produk yang sah dan sesuai dengan peraturan di negara Anda.(Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *