Amblasnya Bronjong Sungai Ogan Mengancam Warga Desa Kedondong

oleh -889 Dilihat
oleh

Foto suasana tanah longsor di pinggir sungai Ogan desa kedondong

beritaokuterkini.com – Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi pusat perhatian pada Senin, 6 November 2023, ketika bronjong di pinggir Sungai Ogan tiba-tiba amblas, hampir merenggut lima rumah warga. Kejadian dramatis ini terjadi sekitar pukul 16:30 WIB di belakang rumah warga.

Meskipun situasinya sangat genting, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Camat Peninjauan, Ahmad Hidayat, menjelaskan, “Penyebab amblasnya bronjong adalah pergerakan tanah akibat aliran Sungai Ogan dan air pembuangan warga. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, meskipun beberapa rumah hampir roboh,” Jelasnya.

Baca Juga :   Polres OKU Gelar Perse Release 2 Palaku Begal Sadis

Untuk menangani situasi darurat ini, pada hari Selasa, 7 November 2023, sekitar pukul 09.00 WIB, Camat Peninjauan beserta Kades Desa Kedondong melakukan peninjauan langsung ke lokasi kejadian. Hasil peninjauan tersebut menghasilkan rekomendasi agar Kades Kedondong segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (PU Pemprov) untuk perbaikan secepatnya.

Ahmad Hidayat juga mengkhawatirkan kemungkinan bahaya lebih lanjut jika hujan terus menerus dan debit air Sungai Ogan terus naik dalam beberapa hari ke depan, yang dapat meningkatkan kemungkinan amblasnya bronjong di lokasi tersebut. Kondisi tanah yang lembut dan retak menjadi faktor penentu.

Baca Juga :   Terkait Kasus pungutan Liar Program PTSL Tahun 2018, Kepala Desa Bindu Ini di Limpahkan Ke Kejaksaan Negri OKU

“Kemungkinan 5 rumah warga yang berjarak sangat dekat dengan lokasi amblasnya bronjong juga akan terancam. Jarak antara lokasi tanah longsor dengan rumah warga hanya sekitar 1,5-2 meter,” ungkapnya.

Pihak berwenang akan terus melakukan pemantauan dan monitoring ke lokasi amblasnya bronjong, memberikan himbauan kepada warga yang terdampak untuk segera mengungsikan barang berharga, dan tetap waspada terhadap kemungkinan longsor susulan.

Dalam upaya perbaikan, CV. Taratugang selaku pelaksana pekerjaan bertanggung jawab atas perbaikan bronjong yang amblas, dan koordinasi dengan pihak terkait sedang berlangsung untuk mengatasi situasi darurat ini.(Red/Ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *