Ratusan Ekor Sapi di OKU Terkena Penyakit Cacar Atau Penyakit Lato Lato

oleh -106 Dilihat
oleh

Foto Istimewah

BERITAOKUTERKINI.COM – Plt Kabid Peternakan di Dinas Peternakan Kabupaten OKU, drh Putut Pantoyo mengungkapkan bahwa saat ini ada ratusan ekor sapi di daerah itu terserang penyakit Lumpy Skin Deseases (LSD). 

“Penyakit LSD itu sendiri biasanya disebut cacar atau lato-lato. Saat ini penyakit tersebut sudah menyerang di seluruh kecamatan di OKU,” kata Putut, saat dikonfirmasi, Rabu (24/5).

Dia menuturkan, untuk tingkat kematian atau mortalitas tergolong rendah atau sekitar 2-5 persen. Namun memiliki tingkat penularan atau mobilitas tinggi hingga 100 persen. 

Baca Juga :   Maling Tabung Gas Melon, Andre Frandika Masuk Kerangkeng Besi

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Hj Tri Aprianingsih mengatakan, pihaknya saat ini banyak menemukan hewan ternak yang mengalami penyakit kulit. “Penyakitnya ditandai dengan luka bentol di tubuh ternak,” bebernya.

Kendati demikian lanjut dia, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan kalau ada hewan ternak yang mati akibat penyakit kulit tersebut.

Pihaknya sendiri ungkap Tri, dalam waktu dekat akan segera memberikan vaksin kepada hewan ternak yang terkena penyakit kulit tersebut.

Baca Juga :   Tim Damkar OKU Hadapi Risiko Besar dalam Memadamkan Kebakaran di Baturaja Timur

Namun pihaknya juga mengimbau kepada para peternak di OKU agar menjaga kebersihan kandang ternak. Serta ternak diberikan vitamin dan makanan yang baik. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *